Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Ngeblog

Cara mencari ide posting
Sumber : Google Search

TIPS AGAR TIDAK KEHABISAN IDE NGEBLOG

Menulis memang bukan hal yang sangat mudah agar artikel kita dapat berkualitas, apalagi buat para blogger, Bagi bara blogger termasuk saya sendiri menulis artikel dengan kualitas yang tinggi memang bukanlah hal yang mudah yang dapat dikerjakan Cuma 15 menit saja, tapi bisa memakan waktu 1 jam ataupun lebih untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Dalam hal SEO memang artikel yang sangat berkualitas adalah point utama agar blog tersebut dapat pupoler. Selain itu, artikel yang berkualitas adalah artikel-artikel yang dapat menarik pembaca dan bisa memahami inti dari artike yang kita buat tersebut. Namun, terkadang kita juga kehabisan ide untuk membuat artikel di blog kita. Nah, untuk yang kehabisan ide dalam membuat artikel maka saya punya beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat bagi kita semuanya.  Baiklah untuk beberapa tipsnya bisa langsung anda simak dibawah ini dengan sesama :

Tips agar tidak kehabisan Ide dalam Ngeblog !


Tentukan Niche ( Kategori ) blog Kita

Hal yang sangat utama adalah dengan menentukan kategori untuk blog kita terlebih dahulu, dengan begitu kita tidak akan mudah kehabisan ide dalam ngeblog. Tentukan niche yang maksud saya disini adalah dengan menentukan topik diblog kita sesuai dengan keahlian ataupun kemampuan yang kita miliki. Misalkan keahlian anda adalah “ Pemograman “, maka buatlah blog anda dengan kategori pemograman dan insya’ Allah anda tidak akan mudah kehabisan ide karena yang kita tulis adalah materi yang bisa kita kuasai. Selain, itu menentukan Niche blog yang bagus adalah salah satu cara untuk memperbanyak pembaca.

Mencari referensi dari Blog lain

Yang berikutnya adalah mencari refrensi dari blog-blog orang, dengan begitu saya rasa kita tidak akan mengalami masalah untuk menulis artikel blog kita. Mencari refrensi dari blog orang saya maksudkan disini adalah melihat artikel-artikel diblog orang lain yang ber-Niche sama dengan blog kita dan kita buat artikel seperti yang ada diblog tersebut, namun dengan bahasa dan cara kita sendiri ( Bukan Copy Paste ).

Mencari Inspirasi

Tips yang lainnya adalah dengan mencari Inspirasi diberbagai pihak, dengan adanya inspirasi kita juga akan mendapatkan ide-ide baru untuk artikel blog kita sesuai dengan kategori yang kita pilih. Mencari inspirasi juga sangat utama dalam ngeBlog agar kita tidak terasa jenuh dengan apa yang kita kerjakan tersebut. Selain itu, inspirasi juga diperlukan sebagai penyemangat kita dalam menekuni dunia blogging.

Bertanya Sama Kawan

Tips yang keempat ini adalah tips alternatif agar tidak mudah kehabisan ide dalam ngeBlog. Jika suatu waktu kita kehabisan ide untuk menulis artikle diweb, maka saya sarankan agar bertanya pada kawan-kawan, mungkin saja dalam jawaban mereka bisa kita dapatkan Ide untuk menulis. Carilah kawan yang satu jurusan agar disaat kita menanyakan ide maka dia mengasih kita ide yang sama dengan kategori diblog kita.

Itulah empat point utama menurut saya agar tidak kehabisan ide dalam ngeblog. Ke-empat point tersebut juga saya terapkan sendiri dan alhamdulillah saya tidak begitu mudah dalam mencari ide untuk beberapa blog yang saya urus, termasuk blog DUNIA BONTER ini. Blog ini adalah ide saya sewaktu mencari-cari Inspirasi untuk artikel diblog lain, dan lahirlah blog inspirasi ini. Semoga dengan adanya tiga tips diatas dapat bermanfaat juga bagi anda dan kita semuanya. Intinya adalah “ Buatlah artikel dengan apa yang kita kuasai atau apapun yang menjadi hobi kita, insya’ Allah kita tidak akan mudah kehabisan ide”. Itu mungkin kata-kata yang bermakna yang mungkin dapat anda pahami. Dari tips diatas juga bisa menjadi refrensi bagi kita semua agar blog kita ramai akan pengunjung dan mendapatkan pengunjung setia. Semangatlah dalam menulias artikel yang berkualitas yang nantinya bisa dibaca oleh orang banyak dan blog kita pun menjadi sumber refrensi bagi mereka semua.

You might also like

16 Comments

iya nih ane sering ilang ide pas ngeblog, ane coba dlu tips ny gan. thanks

Kalau belum punya ide lebih baik ngepost tentang pengalaman hidup.

sekalian tambah wawasan gan biar ide ga abis-abis

refreshing engga ada sob?
biasanya kalo refreshing otak jadi seger
apalagi ngeliat yg bening2 kayak cermin, kobangan air jernih dan semacamnya

Heheheh, iya jgx gan :D
Mksih udah dikasih tau, ntar ane tambahin lagi, hehehehhe

Mantap nih untuk motivasi penulis :)

thanks gan udah share ane jadi dapat ide lagi nih buat menulis

kalok ane pakek yang cari referensi itu gan.Wah keren nih artikelnya bermanfaat banget

emng susah gan kalo gak ada inspirasi, materi jadi aneh

iya ane jgx sama mas, sring jgx nyari2 refrensi di blog2 org :)

hehehehhe, bner bgetd sob, kdang2 materinya sangat aneh dan tidak sesuai yg dharapkan pembaca :D

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon