Belajar Dari Pengalaman

Belajar Dari Pengalaman
Sumber : Google Search

Belajar dari pengalaman merupakan satu cara untuk memperbaiki diri. Dalam kehidupan kita pastinya kita pernah melakukan suatu kesalahan baik kesalahan kecil maupun kesalahan besar, dimana dan kapanpun. Mungkin juga bukan sekali kita melakukannya bahkan berulang kali kita berbuat salah, maka dari itu ada baiknya kita belajar dari kesalahan tersebut. Kesalah dari masa lalu adalah langkah awak kita untuk berbuat baik dimasa depan. Dengan adanya kesalahan, tentunya kita dapat belajar bagaimana pahitnya kehidupan kita saat kita dialami dengan kesulitan. Maka jadikanlah kesalahan itu sebagai pengalaman yang sangat berharga dalam hidup kita.

Dengan begitu, maka kita dapat memulai hidup dengan pengalaman-pengalaman yang dulu untuk memperbaiki kehidupan kita dimasa sekarang maupun masa yang akan datang nantinya. Pengalaman dari suatu kesalahan dapat kita jadikan sebagai pembelajaran hidup. Maka mulailah memperaiki hidup dan belajar dari kesalahan kita dulu agar lebih baik kedepannya. Orang yang mampu memperbaiki diri dari kesalahan dan bisa belajar dari pengalaman adalah contoh orang yang baik yang ingin memperaiki diri dari semua kesalahan yang dilakukannya sejak dulu.

Sebagai umumnya orang bilang, “ Jadikan pengalaman itu sebagai langkah awal untuk memperbaiki diri ” maka saya rasa kata-kata ini sangat tepat bagi kita semua. Belajarlah terhadap sesuatu yang akan membuat anda bisa meraih sesuatu. Belajar dari kesalahan maupun pengalaman itu tidak harus dengan pengalaman dan kesalahan diri sendiri, tetapi bisa juga kita belajar dari kesalahan orang lain seperi teman maupun karabat lainnya. Dengan begitu, maka kita akan lebih baik dan bisa mengatasi suatu sesuatu hal yang mungkin akan membuat kita melakukan kesalahan.

Jadilah orang yang sukses yang belajar dari pengalaman, karena suatu saat kita pasti akan mendapat semua hikmah dari sesuatu yang akan kita lakukan, maka sebelum adanya kesalahan yang kita buat marilah sama-sama kita mencoba untuk tidak melakukannya. Mari kita simak satu cerita motivasi ini bersama-sama, semoga dapat membangkitkan motivasi kita semuanya.

Pada suatu hari kira-kira tahun 2014 silam, ada seseorang pemuda  yang bertanya kepada seorang cewek yaitu si moly, pemuda tersebut menayakan ke  si moly “ Apa perkerjaan anda sehari-hari ? “, si moli itu menjawab seperti biasa tanpa berfikir “ Saya tidak kerja mas, saya sedang kuliah “, nah, pada saat itu, pemuda yang tadinya menanyakan pekerjaan mada si moly itu mulai berfikir untuk mengajak si moly ini untuk berkerja kepadanya, dia melanjutkan percakapan “ eh mbak, mau gak mbak kerja di bisnis saya ? “ nah, pada saat itu si mbak moly ini dengan senang hati mendengar tawaran kerja dari mas tadi, dan dia langsung bertanya lagi “ kerja gimana mas ??”, si cowok tadi langsung menjawab “ kerjanya gampang kok mbak, Cuma nawarin produk kita saja kepada msyarak, dan kalo ada orang yang membelinya, maka mbak dapat 30% dari produk kita tersebut, gimana ? “ tanpa basa basi si mbak ini langsung menjawab “ boleh juga mas, tapii bisa saya kerjakan disaat saya tidak ada kuliah kan ? “ si cowok itu menjawab lagi “ boleh kok mbak, kapanpun ada waktunya aja “.

Nah, pada beberapa hari kemudian mbak ini langsung menawarkan berbagai macam produk ke masyarakat banyak, dan ternyata usaha dia tersebut membawa berkah, ada banyak orang yang berminat dan membeli produk yang mbak ini tawarkan. Singkat cerita, hampir sebulan mbak ini melakukan pekerjaannya dan dia mulai menghubungi si cowok tadi untuk minta gajinya. Mbak ini bertanya langsung “ Mas, kapan nih gaji saya akan dibayar ? “ si cowok langsung menjawab “ Tenang mbak, gajinya beberapa hari lagi akan saya transfer ke rekening mbak kok “.

Nah, hari demi hari mbak ini menunggu hingga tibalah hari dimana saat dia gajian. Pada pagi itu tanpa menghubungi terlebih dahulu cowok itu, mbak ini langsung pergi ke bank, dan saat tibanya di bank mbak ini langsung mengeceks rekeningnya dan ternyata......tidak ada saldo yang masuk, pada saat itu maka mbak ini langsung menghubungi cowok tadi dengan handphone nya, dan ternyata nomor si cowok ini tidak aktif. Tapi, mbak ini belum kepikiran apa-apa, dia menunggu dibank hingga 3 jam dan mencoba menghungi si cowok tadi kembali dan ternyata masih tidak aktif. Al hasil, si mbak ini baru sadar kalau dirinya sudah ditipu oleh seorang pemuda yang tidak bertanggung jawab.


Nah, yang jadi intinya adalah kita bisa belajar dari pengalaman siapapun, seperti pada cerita di atas mbak moly yang malang ini dirinya ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dari kita tersebut dapat kita jadikan pengalaman agar tidak begitu saja menerima tawaran kerja dari seseoran tanpa menyelidikinya terlebih dahulu. Semoga dengan adanya cerita dan artikel ini dapat membuat kita bisa belajar dari pengalaman dan kesalahan, baik itu kesalahan kita maupun dengan kesalahan orang lain. Pengalaman itu sangat berharga, maka belajarlah dari pengalaman siapa saja.
Previous Post
Next Post

8 comments:

  1. ceritanya bagus gan.a ane suka lanjutkan

    ReplyDelete
  2. setuju bro, makanya ga heran pengalaman itu guru yg paling baik

    ReplyDelete
  3. setuju bro, makanya ga heran pengalaman itu guru yg paling baik

    ReplyDelete
  4. Inspiratif n cukup menyentuh perasaan,
    Yg penting si jangan lupa bahagia

    ReplyDelete
  5. yap dibalik tawaran pasti ada maksud terselubung jadi kudu dipikirin mateng2 dulu, ohiya mas saya mau ngasih masukan dong ceritanya dibikin perparagraf aja biar dibacanya lebih enak :)

    ReplyDelete
  6. terimaksih nii sarannya , ehehehhe

    ReplyDelete

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)