Tips menjadi orang yang Sabar

Sumber : Google Search

SABAR merupakan sebuah kata yang mempunyai arti dan makna luas. Sabar merupakan salah satu sifat menaharan diri dari segala kesusahan dan amarah yang menghampiri kita, dan menyingkapi sesuai dengan syariah dan kepercaya kita masing-masing. Sabar sebenarnya harus kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari agar kehidupan kia sehari jauh lebih bermakna dan mendapatkan hikmah dari suatu pelajaran yang kita dapat. Ada beberapa aspek tentang sabar menurut syariat islam, yaitu :
  • Sabar dalam menjalankan perintah Allah S.W.T
  • Sabar dari apa yang dilarang Allah S.W.T dan
  • Sabar dari apa yang telah ditakdirkan oleh Allah S.W.T
Dari ketiga aspek diatas silahkan anda artika sendiri makna yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Menjadi orang sabar tidak begitu sulit, yang penting kita dapat menahan amarah dan emosi yang selalu melanda kita disetiap waktu. Namun, dari semua cara untuk bersabar pasti ada godaan dari setan yang bisa membuat emosi dan amarah kita tidak bisa kita tahankan. Tapi, tenang saja, disini saya akan membagikan beberapa tips untuk menjadi orang yang sabar. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memperbanyak Senyum
Maksud dari memperbanyak senyum disini adalah senantiasa tersenyum bagaimanapun kondisi yang kita hadapi dan rintangan yang kita jalani. Bila amarah dan emosi kita sedang membara maka biasakanlah untk tetap tersenyum agar hati dan pikiranpun jadi tentram. Dengan senyuman kita bisa gembira dan merasa jauh lebih baik.

2. Menyaring Masalah yang kita hadapi
Jika kita ditimpa suatu masalah dan kita juga langsung memasukaknnya kedalam hati, saya yakin pasti amarah dan emosi kita tidak tertahankan. Tapi bagaimana juga, ya setidak-tidaknya jika ada suatu masalah yang kita hadapi kita saring dulu intinya sebaik mungkin dan memperimbangkan segala resiko yang akan kita tanggung nantinya.

3. Tidak terlalu memikirkannya
Maksud dari tidak terlalu memikirkannya adalah dengan cara mengalihkan perhatian kita terhadap suatu masalh ataupun rintangan yang kita hadapi. Jika kita ditimpa dengan suatu masalah dan kita hanya berpikir tentang itu-itu saja pasti kita akan pusing tujuh keliling, namun jika kita ditimpa masalah yang begitu kita bisa mengalihkan perhatian kita dulu terhadap sesuatu yang lain yang dapat menenangkan pikiran kita.

4. Optimis dengan jalan keluar
Dari berbagai macam masalah yang sedang kita alami, janganlah berputus asa dan melakukan hal-hal yang tidak di inginkan, karena dalam suatu permasalahan yakinlah pasti ada jalan keluarnya. Namun, jalan keluarnya bukan dengan cepat bisa kita jumpai. Maka dari itu senantiasalah untuk bersabar.

Nah, diatas adalah beberapa tips dari saya untuk kita semua agar menjadi lebih sabar dalam menghadapi suatu masalah. Sebenarnya, banyak tips yang bisa kita lakukan untuk bersabar, namun itu semua tergantung diri kita bagaimana kita menanggapinya.


You might also like

8 Comments

tipsnya ane coba ya :) udh bisa sabar tpi masih egois nihh ane

untuk menjadi seorang yang sabar memang dibutuhkan ketelatenan..

nah yang no 3 tuh yang sering dilupain sama orang - orang

sabar ada batasnya kalau kata orang. agan sendiri gimana ?

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon