Tips Manjakan Anak

Tips Manjakan Anak
Sumber : Google Search

Manja adalah salah satu kata yang cukup berarti, manja juga salah satu hal yang banyak di inginkan oleh seorang anak pada orang tuanya. Namun, untuk menjadi orang yang tua yang baik tidaklah mudah, karena mengasuh anak bukan hal yang bisa dilakukan begitu saja. Ada hal yang harus kita terapkan dalam mengasuh anak agar si anak tersebut dapat terbiasa dengan apa yang kita terapkan. Banyak dari orang tua selalu meluangkan waktunya demi si anak agar anaknya mendapatkan kasih sayang yang cukup. Namun, yang paling utama harus kita terapakan pada anak adalah kedisiplinan yang sangat cukup sehingga suatu saat ia mampu mengetahui dan mengajarkan bagaimana cara untuk disiplin dimanapun dan pada siapapun.

Nah, dalam hal memanjakan anak kita juga harus memperhatikan segala hal sehingga si anak dapat berinteraksi dengan baik. Tapi, bagi anda yang ingin memanjakan sibuah hati maka lakukanlah sesederhana mungkin dan tidak memanjakannya terlalu lebih. Memanjakan anak terlalu lebih dapat membuat dia menjadi diri yang malas dan tidak mau berusaha nantinya. Umumnya, banyak efek bagi orang tua yang memanjakan anak nya dalam segala bidang, salah satunya si anak akan malas untuk bekerja, yang ia tau hanyalah meminta kepada orang tuanya. Selain itu, memanjakan anak yang lebih dapat membuat anak menjadi bodoh dan tidak mau untuk berusaha dengan apapaun yang ia kerjakan karena dia selalu mengharapkan sesuatu dari orang tuanya.

Ada beberapa tips yang akan saya bahas dibawah ini untuk memanjakan anak, diantaranya adalah.

1. Memanjakan anak dengan hadiah jika mendapatkan prestasi

Memanjakan anak dalam hal ini dapat membantu membangkitkan motivasi anak kita dalam mengerjakan sesuatu sehingga ia bisa berharap untuk mencapai suatu prestasi dan mendapatkan hadiah dari orang tuanya. Cara ini bagus kita gunakan pada anak yang masih kecil dalam tahap pembelajaran, sehingga ia berminat untuk belajar demi mendapatkan hadia yang akan kita kasih.

2. Berliburan setelah mendapatkan suatu prestasi

Liburan merupakan salah satu tips untuk memanjakan anak, bawalah anak anda untuk berliburan bersama anda disaat ia selesai mengerjakan sesuatu ataupun telah mendapatkan prestasi, sehingga sianak bisa terinspirasi untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam menggapai prestasinya. Jangan memanjakannya dengan uang karena bisa membuat dia menjadi seorang pemalas.

3. Buat suatu perjanjian ataupun kesepakatan

Memanjakan anak boleh, namun juga ada aturannya sehingga anak tidak terbawa ke hal-hal negatif, dalam memanjakan si anak biasakanlah membuat kesepakatan yang bisa diterima oleh sianak, sehingga ia tidak akan meminta lebih dengan apa yang ia inginkan. Buatlah kesepakatan itu seperti sebuah permainan agar sianak tidak sulit untuk memahaminya.

Nah, itulah beberapa tips memanjakan si anak ataupu si buah hati agar tidak berlebihan, sehingga ia dapat terinspirasi untuk menggapai sesuai yang di inginkannya maupun yang diinginkan oleh orang tua. Jangan terlalu berlebihan dalam memanjakan anak, karena nantinya kita akan dibawa kesulitan. Jadilah sebagai orang tua yang pintar memanjakan si anak dan bermanfaat dengan apa yang kita manjakan terhadap si anak tersebut dan bisa menginspirasi si anak tersebut. Jangan pernah memberikan sesuatu kepada anak kita dengan cuma-cuma tanpa ada sesuatu, karena nantinya itu akan menjadi kebiasaan anak untuk selalu meminta.

Hanya itulah beberapa tips dari saya semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semuanya, mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam saya sampaikan, dan bila ada yang ingin anda tambahkan, silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah, sehingga kita dapat mengetahui tips-tips apa saja yang harus kita terapkan dalam memanjakan si anak dengan sesama.

You might also like

14 Comments

kalo yang belum punya anak gimana sob? harus bikin anak dulu ya?

Manteeepp... ;)
Bisa jadi bahan reprensi para ortu nihhh... Jngan ada KDRT lagi di Negara kita...

apapun bentuk memanjakannya setiap orang tua harus ingat kalau jangan sampai TERLALU memanjakan anaknya karena bisa jadi akan membuat kepribadian anak menjadi pemalas

inginnya sih begitu. tapi kalau doku tak menunjang apa perlu dipaksakan bro? :D

benar-benar harus dilakukan untuk manjakan anak berpikir baik

mantapp gan artikelnya menghindari kdrt haha

Heheheh, suatu kn jgx akan mempunyai anak sob :D

iya gan, smga byak ortu bisa menerapkan tips ini kalo mau memanjakan ank nya :)

iya bner bget gan, manjakan seperlunya saja :)

gk harus dpksakan kok mas, ckup seadanya saja lebih baik !

iya mas, smoga bnyak org tua yg membacanya :D

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon