Mengenal Diri Sendiri

Sumber : Google Search
Mengenal diri sendiri adalah salah satu cara pertama untuk memperbaiki sifat dan perilakau kita. Jauh sebelum kita mengenal orang lain, alangkah baiknya kita bisa mengenal diri kita terlebih dahulu agar kita tau bagaimana sifat dan perilaku kita. Kita tidak tau bagaimana orang lain menilai kita, karena semua orang ada caranya tersendiri untuk menilai orang lain. Maka adakalanya kita terlebih dahulu mengenal diri sendiri dahulu, “ kenapa ? “ ya untuk dapat mengetahui bagaimana sifat dan prilaku kita dalam kehidupan sehari.

Selain itu, mengenal diri sendiri juga sangat penting agar kita sadar bagaimana sifat kita sehari-hari dengan lingkungan hidup kita. Apakah dengan perilaku kita sehari-hari bisa membuat orang lain senang atau malah membuat mereka tidak menyukai kita. Itu semua tergantung dari diri kita bagaimana kita menanggapi kelakuan kita. Nah, Instropeksi diri yang sedemikian rupa sangat penting untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buat apa kita menginstropeksi diri ?
Dengan menginstropeksi diri kita dapat mengetahui dimana saja keburukan kita apa saja kelebihan kita yang pernah kita buat sebelumnya, jika suatu saat kita ditimpa dengan suatu masalah ada baikknya dulu kita merenungkan apa saja yang telah kita buat sehingga suatu masalah yang serupa menghampiri kita. Begitu juga dengan pekerjaan kita sehari-hari, kita juga harus merenungi apa pekerjaan yang sedang kita lakukan ini bisa menyenangkan orang lain atau justru dapat membuat orang lain tidak suka.

Apa saja hikmah yang bisa kita ambil dengan menginstropeksi diri ?
Saya rasa cukup banyak, mulai dari memperbaiki sifat maupun kelakuan kita hingga dapat menjadi diri sendiri lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dari sebelumnya, sehingga dapat membuat orng disekitar kita bangga terhadap apa yang kita kerjakan. Dengan menginstropeksikan diri kita juga akan tau dimana kelemahan dan kelebihan kita.


Nah, itu setidaknya penjelasan sedikit terhadap instropeksi diri dan mengenal diri sendiri lebih jauh, semoga dapat membuat kita semua jauh lebih baik dari sebelumnya. Jika anda adalah orang yang sering menginstropeksi diri anda sudah termasuk kedalam orang yang berkategori ingin memperbaiki diri sendiri demi masa depan anda yang cerah nantinya. Semoga dengan adanya artikel ini kita dapat lebih baik mengenal diri sendiri terhadap lingkungan tempat kita buat. Jika ada perkataan yang salah mohon maaf, karena saya juga merupakan salah seorang yang ingin berubah demi masa depan saya yang cerah nantinya.

You might also like

4 Comments

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon