Tips menghemat kuota internet

Tips menghemat kuota internet
Sumber : Google Search
Berbicara tentang android, pasti sudah terbayang dipikiran kita seputar dunia internet. Android tanpa kuota internet bisa kita bilang seperti orang kesawah tanpa membawa cangkul. "Kenapa seperti itu ?" ya, memang android adalah salah satu smartphone yang dirancang untuk mengakses internet secara cepat dan stabil dibandingkan sistem operasi seperti java dan symbian. Namun banyak para kalangan yang memakai smartphone androidnya mengeluh karena memakan kuota yang sangat boros disaat berselancar di internet. Perbandingan antara OS lain dan OS android seputar kuota internet, biasanya seperti pada hp java maupun symbian 25MB bisa bertahan sampai seminggu , namun pada smartphone android 25MB tersebut bisa habis dengan sekejab tanpa memerlukan waktu semenit. Namun tidak usah khawatir, karena disini kita akan membahas bagaimana cara agar kuota di smartphone android bisa hemat dan stabil penggunaannya seperti pada hp lain.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan kuotan di smartphone android kita cepat habis, namun kita tidak menyadarinya, terlebih-lebih bagi orang orang yang baru memakai smartphone android. Jika anda tidak tau apa saja faktor yang menyebabkan borosnya paket inernet di android kita, mari simak langsung tips untuk menghematkan kuota internet di smartphone android dibawah ini dengan sesama.

Tips Menghemat kuota Internet di Android

1. Mematikan Auto Update

Tips yang pertama adalah mematikan auto update aplikasi yang terdapat pada android kita, biasanya banyak aplikasi yang bekerja otomatis saat terkoneksi internet dan aplikasi tersebut akan selalu mengupdate. Dengan begitu, maka banyak kuota internet kita yang terbuang sia-sia dan cepat habis. Untuk menghemat penggunaan kuotanya anda harus mematikan auto update di aplikasi yang anda install. Biasanya ada pada semua aplikasi keterangan auto updatenya, jika pada aplikasinya tidak ada maka anda matikan auto update melalui Google Play ataupun Playstore di menu setelan.

2. Mematikan Playsore

Maksud dari saya mematikan playstore adalah dengan cara tidak melogin pada akun playstore, karena playstore adalah salah satu penyebab utama kuota internet boros pada android kita. Pada Playstore semua aplikasi yang kita untuk biasanya akan selalu terupdate sendiri disaat terkoneksi internet. Lebih baik kita mengunduh aplikasi menggunaka browser pada hp kita agar tidak terupdate otomatis. Jika anda masih terlogin pada akun playstore maka coba anda logout dari playstore tersebut dan lihat bedanya pemakaian kuota anda.

3. Menginstall Aplikasi Pendukung

Yang berikutnya adalah menginstall aplikasi pendukung sebagai salah satu langkah menghemat kuota internet pada smartphone android kita. Biasanya aplikasi pendukung juga sangat berguna, namun tidak sehemat yang kita butuhkan hanya sedikit saja. Aplikasi pendukung seperti OperaMax dan lainnya, banyak yang share di google. Jika anda ingin yang lebih hemat, maka terapkan kedua langkah yang saya jelaskan diatas tersebut.

4. Menghapus Aplikasi yang tidak dibutuhkan

Menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan juga sangat berguna untuk menghemat penggunaan kuota internet karena bisa menghilangkan auto update yang terdapat pada aplikasi tersebut. Selain itu, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan juga sangat bermanfaat bagi kinerja smartphone kita, karena RAM pada android kita tidak terpakai banyak dan anroid kita bisa bekerja lebih cepat.

5. Mematikan Sinkronisasi

Sinkronisasi juga hampir sama dengan auto update dan bisa memakan kuota sangat banyak, biasanya sinkronisasi ini terdapat pada akun google kita, dan mengsinkron semua data yang terdapat di android kita keserver google, biasanya ini juga faktor yang sangat utama membuat kuota kita boros, untuk mengatasinya adalah cukup keluar akun google yang terdapat di smartphone anda.

6. Membatasi Pemakaian Kuota

Yang terakhir ini adalah dengan cara membatasi pemakaian kuota internet kita, dengan begini maka kuota internet kita akan terpakai seadanya seperti yang kita batasi. Membatasi penggunaannya juga tidak akan cepat menghapiskan paket internet kita.

Nah, itulah beberapa tips yang telah saya praktekan semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua dalam menghematkan kuota internet, jika beberapa tips diatas tidak mempengaruhi kehematan paket anda, maka silahkan komentar dibawah agar saya bisa memberikan beberapa tips lain yang mungkin bisa membantu. Mohon maaf bila ada kesalah dalam pengetikan karena saya hanya bermaksud untuk saling berbagi tips.

You might also like

0 Comments

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon