Profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan TI

Profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan TI
Sumber : Google Search
Seblum kita membahas tujuan mengambil jurusan teknik informatika ataupun jurusan IT sudahkah anda tau apa tujuan anda kuliah. Mungkin kalau ini yang kita tanyakan pada mahasiswa mereka akan kebingungan dan akan menjawab kuliah itu agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pada jaman modern seperti ini kuliah bisa tergolong kedalam kategori, diantaranya adalah “ Kuliah untuk kerja “ dan “ Kerja untuk kuliah “. Dua kata seperti itu mungkin sangat sering kita dengar, banyak dari kita yang kuliah untuk kerja dan tidak sedikit pula kerja untuk kuliah. Maksud saya disini yang kuliah untuk kerja adalah mereka yang kuliah akan fukos dengan apa yang ia pelajari dan bisa menguasai yang ia pelajari tersebut agar nantinya saat dia sudah selesai kuliah dia bisa langsung bekerja sesuai dengan kemampuan dan pengetahuannya. Sedangkan mereka yang yang kerja untuk kuliah adalah mereka yang tidak mampu ataupun mereka yang minim ekonomi, mereka bekerja untuk kuliah demi menggapai cita-citanya. Namun, jika kondisi kita seperti ini maka saya rasa kita tidak akan fokus mempelajari apa saja yang diajarkan dikampus kita, karena pikiran kita hanyak untuk kerja agar mampu menyelesaikan kuliah.

Termasuk kedalam kategori manakah anda, Kuliah untuk kerja ataupun Kerja untuk kuliah ?
Bagi anda yang berkategori sebagai pekerja untuk menyelesaikan kuliah, maka anda harus berusaha lebih ekstra agar materi yang anda pelajari juga terfokuskan, tidak semata-mata fokus untuk bekerja. Saya yakin, jika anda sudah mempunyai skill ataupun keterampilan maka saat sudah selesai kuliah anda akan mudah menemukan pekerjaan yang cocok dengan anda.

Kategori Pertama
Kategori kedua
Kuliah Untuk Kerja ?
Kerja Untuk Kuliah ?

Nah, jangan anggap kuliah itu agar bisa mendapat kerja dengan mudah, namun kuliah itu adalah untuk mengasah kemampuan kita dan mempelajari sesuatu yang belum bisa kita kuasai dengan baik agar kita semua mempunyai ketrampilan dan bisa dipakai oleh mereka yang membutuhkan jasa kita. Apalagi buat anak teknik , skill maupun keterampilan sangat diutamakan agar bisa membangun usaha sendiri dengan mudah. Rata-rata anak teknik itu bekerja pada usaha mereka sendiri dan bukan pada kantor yang mempunyai banyak syarat-syaratnya karena kita sebagai anak teknik bisa mengandalkan kemampuan kita sebagai jasa bagi orang lain. Bagi anda yang mengambil jurusan Teknik Informatika, sudahkah kalian tau apa saja tujuan mengambil jurusan tersebut ??
Kalau belum mari kita simak beberapa tujuan ataupun profesi yang dapat kita ambil dengan jurusan tersebut dibawah ini !

PROFESI YANG DAPAT KITA TEMPUH DIDUNIA IT

Programmer

Profesi yang pertama yang dapat kita ambil dari jurusan teknik informatika adalah menjadi seorang programmer yang bekerja sebagai pembuat ataupun perancang berbagai jenis aplikasi. Gaji rata-rata yang mengambil profesi ini adalah 2 s/d 4jt lebih perbulan, tergantung kerumitan aplikasi yang dibuat. Biasanya satu software yang kita buat dihargakan Rp.10.000.000 namun memakan waktu yang tidak sedikit.

Jaringan

Selanjutnya pada profesi yang kedua adalah sebagai perakit jaringan. Biasanya orang yang menekuni profesi ini bekerja seprti pada proses perakitan warnet ataupun dikantor-kantor yang yang membutuhkan antena ataupun pemancar sinyal. Gaji rata-rata sebagai perakit jaringan juga 2 s/d 4jt lebih perbulan, tergantung berapa kerja yang ditanggungnya.

Teknisi Komputer

Yang ketiga adalah menjadi teknisi komputer, orang yang berprofesi sebagai teknisi komputer biasanya bekerja ditempat sendiri dan menjual jasanya sebagai teknisi komputer untuk memperbaiki komputer-komputer yang rusak ataupun sebagai layanan service komputer. Gaji rata-rata bisa mencapai 3 s/d 5jt lebih perbulan.

 Multimedia

Yang selanjutnya adalah multimedia, biasanya orang yang menekuni ini berprofesi sebagai orang yang menjual jasa design graphic dan edit-edit foto serta pembuat animasi film. Gaji rata-rata perbulan bisa mencapai 4 s/d 7jt perbulan.

Developer Web

Salah satu kuliah dijurusan teknik Informatika adalah kita bisa mengambil profesi sebagai web developer yang kerjaannya membuat website bagi perusahan-perusahaan ataupun bagi siapa saja yang membutuhkan. Seperti online shop dan lain sebagainya. Gaji rata-rata berprofesi sebagai Developer web mencapai 4 s/d 8 jt perbulan tergantung website yang ditanggungnya. Menjadi web developer juga bisa mendapatkan penghasilan melalui website kita sendiri dan menjadi sebagai publisher dan penerbit iklan. Biasanya orang yang menjadi publisher bisa mencapai penghasilan 10 s/d 20 jt lebih perbulannya, tergantung publisher mana yang dia masuki.

Database

Yang terakhir adalah menjadi orang yang mencatat informasi kedalam sebuah database, namun profesi yang ini mempunyai tanggung jawab yang besar dan gajinya pun juga besar, rata-rata orang yang berprofesi ini penghasilannya bisa menjacapai 5 s/d 10jt perbulan bahkan lebih. Orang yang berprofesi seperti ini bisanya bekerja sebagai pencatat penduduk maupun lainnya yang berbasis online.


Nah, itu adalah beberapa profesi yang dapat kita ambil jika mengambil jurusan Teknik Informatika. Karena pada jurusan Teknik Informatika kita diajarkan semua yang berkenaan dengan Teknologi dan online. Jadi, “ manakah profesi yang akan anda ambil jika selesa mengambil jurusan tersebut ?” itu semua terantung materi mana yang anda suka pelajari. Untuk saat ini saya menempuh ada tiga, yaitu sebagai web developer, multimedia dan teknisi. Semoga anda bisa tau tujuan dan profesi apa yang dapat kalian ambil jika sudah selesai mengambil jurusan terknik informatika. Hanya sekian yang dapat saya share semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua profesi apa saja yang dapat kita tekuni.

You might also like

0 Comments

SIlahkan ditambahkan jika yang saya tulis belum lengkap agar kita sama-sama tau :)
EmoticonEmoticon